Bupati RL : Pimpin Rakor DDT dan Agenda Peringatan HUT Kota Curup

Bagikan
By Admin - OneNewsBengkulu.Com 24 Apr 2022, 10:57:21 WIB Kabupaten Rejang Lebong
Bupati RL : Pimpin Rakor DDT dan Agenda Peringatan HUT Kota Curup

Onenewsbengkulu.com | Rejang Lebong - Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM kembali memimpin Rakor ( Rapat Kooordinasi ) diruang rapat Bupati RL, dalam agenda Rakor Dana Tak Terduga ( DTT ) dan pembahasan agenda rutin tahunan HUT Kota Curup ditahun ini.

Kegiatan yang berjalan sukses tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda ( Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ) dan langaung dihadiri oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong Andi Ferdian, SE.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong Andi Ferdian, SE dimana ia menuturkan jika penggunaan anggaran DTT ditahun ini kembali akan difokuskan kepada penanganan dampak Covid -19.

" Terfokusnya anggaran DTT ditahun ini mengacu kepada 3 peraturan yakni Pemendagri dan PP Nomor 12 tahun 2019," tegasnya.

Adapun ke 3 peraturan tersebut, sambungnya, antara lain Permendagri Nomor 27 tahun 2021 - Permendagri Nomor 77 tahun 2020 dan Permendagri Nomor 26 tahun 2021 dan sebelumnya ada PP Nomor 12 tahun 2019.

" Secara teknis, pengusulan dan pencairan dana tak terduga ( DTT ) ini mengacu kepada hasil verifikasi layak atau tidaknya suatu kegiatan untuk di cairkan oleh tim verifikasi. Hal ini bertujuan agar, dana tersebut tepat sasaran,"  tegasnya.

Sementara itu, Kejari RL,Yadi Rachmat Sunaryadi, SH, MH mengatakan jika bahwa mereka sepakat menggunakan Dana Tidak Terduga (DTT) ini. Menurutnya, sangat mendukung karena ada dasar hukum PP Nomor 12 Tahun 2019 yang menjadi dasar pencairan DTT terkait percapaian vaksinasi dan ini juga berdasarkan 3 Peraturan Pemendagri.

"Jangan sampai salah peruntukan, saat verifikasi harus betul-betul selektif apakah Rencana Kerja Pemerintah ( RKP ) yang diajukan itu betul untuk peruntukannya," ujar Kajari.

Sementara itu, terkait agenda Peringatan HUT Kota Curup, Asisten I Setkab RL, Pranoto Majid, SH,M.Si menyampaikan ada 8 rancangan kegiatan untuk persiapan HUT Kota Curup Ke - 142 tahun 2022.

"Saya juga sudah rapat dengan kawan kawan secara terbatas sebelumnya, bahwa kami merencanakan ada 8 kegiatan. Adapun ke 8 kegiatan antara lain Pertama Pameran dan Bazar dilakukan pada tanggal 18 Mei sampai 28 Mei di lapangan Dwi Tunggal kurang lebih 10 hari. Kedua, Zikir akbar pada tanggal 20 Mei di Masjid Agung Baitul Makmur sebagai mengawali kegiatan tersebut. Ketiga, Kedurei Sudut atau Doa Sudut pada malam hari. Ke empat, Pawai Adat dan Karnaval kendaraan hias dilanjutkan dengan Prosesi Kedurei Agung, kegiatan ini harus selesai sebelum masuk waktu Dzuhur. Kelima, Gebyar Pekan Seni Budaya Daerah yaitu ada kegiatan lomba dan non lomba yang berlangsung kurang kebih tujuh hari. Keenam, Upacara hari jadi Kota Curup Ke-142 tahun 2022 tanggal 29 Mei pada pagi hari. Ketujuh, dilanjutkan sidang Paripurna DPRD Kabupaten Rejang Lebong pada siang hari. Dan terakhir, malam pembagian hadiah sekaligus  ditutup dengan pancung tebu yaitu tanda berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Pekan Seni Budaya Daerah  yang dilaksanakan pada malam hari," tutupnya. ( Dnd / adv ).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment