Bawaslu RL : Jalin Sinergitas Bersama Awak Media Kawal Pemilu 2024

Bagikan
By Admin - OneNewsBengkulu.Com 14 Nov 2022, 00:33:52 WIB Kabupaten Rejang Lebong
Bawaslu RL : Jalin Sinergitas Bersama Awak Media Kawal Pemilu 2024

Onenewsbengkulu.com | Rejang Lebong - Bawaslu kabupaten Rejang Lebong (RL) menggelar kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilu 2024, di Ballroom Golden Rich 88 Hotel. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai sejak tanggal 12 hingga 13 November 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bawaslu RL, Dodi Hendra Supiarso melalui Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Rejang Lebong, Novry Iranas, usai penutupan kegiatan sosialisasi, Minggu 13/11/2022) siang. Tentu dalam proses demokrasi yang sesuai aturan tidak cukup dilakukan oleh jajaran penyelenggara Pemilu, melainkan harus diawasi bersama. 

"Untuk itu, kami pihak Bawaslu Rejang Lebong mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang," tegasnya.

Novry menambahkan, dalam menjaga kualitas sebuah demokrasi itu harus dilakukan bersama, maka pihaknya harus melibatkan berbagai pihak lain, seperti awak media pers maupun kelompok-kelompok masyarakat. Apalagi media pers sendiri memiliki peran penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan tahapan Pemilu.

Lanjutnya, tahapan saat ini adalah Bawaslu tengah melakukan verifikasi Partai Politik calon peserta Pemilu bersamaan dengan verifikasi keanggotaan Parpol oleh KPU, dalam proses verifikasi saat ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat jika namanya tercantum dalam Parpol namun bukan anggota Parpol bisa melaporkannya.

“Hasil dari pengawasan kemarin banyak juga yang masuk dalam aplikasi Sipol ternyata bukan anggota Parpol, kalau memang ada yang menyatakan dirinya bukan anggota Parpol saat ini kami masih membuka ruang untuk dilakukan perbaikan,” jelas Novry.

Dalam kesempatan yang, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rejang Lebong, Nur Muhammad yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi yang digelar Bawaslu Rejang Lebong cukup positif dan efektif dalam upaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sekaligus memberitahukan tahapan Pemilu dan partisipasi masyarakat.

“Sebagai jurnalis kita juga memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk menyukseskan hajatan politik Bangsa Indonesia, dengan peran media masa kita juga mengajak masyarakat untuk mengawasi jalannya Pemilu,” tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi Bawaslu Rejang Lebong menghadirkan pemateri dari PWI dan KPU Rejang Lebong. Sementara pesertanya sendiri, selain para awak media, juga mengundang para alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) 2021 Bawaslu RL dan beberapa aktivis mahasiswa dari HMI dan PMII serta  perwakilan forum BPD RL. (Dnd)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment